3 Hal Yang Sepele Ini Dapat Menyebabkan Komputer Anda Lambat dan Lelet

3 Hal Yang Sepele Ini Dapat Menyebabkan Komputer Anda Lambat dan Lelet



3 Hal Yang Sepele Ini Dapat Menyebabkan Komputer Anda Lambat dan Lelet, Pada umumnya untuk mengatasi sebuah komputer yang semakin hari semakin melambat ialah dengan cara perawatan secara rutin dan dilakukan beberapa langkah tune'up yang sederhana. apabila sangat diperlukan langkah install ulang (Inul) windows/linux dll atau di upgrade perangkat kerasnya ke yang lebih baik, maka bisa menjadi solusi yang paling tepat agar komputer tetap optimal. namun untuk melakukan install ulang akan sedikit merepotkan, karena kita harus backup data dulu yang tersimpan di drive c jika ada. Langsung saja berikut ini Penyebab Komputer/Laptope menjadi lambat beserta cara mengatasinya :

Ram atau kepanjangan dari Random Access Memory adalah penyimpan sementara dalam sebuah komputer/ laptope. jadi apabila Ram kita telah mencapai batas maksimalnya komputer /laptop akan berjalan sangat lambat, biasanya sering terjadi kehabisan ram jika kita membuka banyak aplikasi dalam wtu bersamaan.
Untuk mengetahui jumlah kapasitas Ram yang telah digunakan komputer bisa kita lihat di Task Manager, dengan cara Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete kemudian pilih Start Task Manager lihat gambar :
Memory ram habis, kecil lelet
Add caption




Ket : Disana terdapat indikator yang bertuliskan Memory Mencapai 2,75GB dan Ram yang saya miliki adalah 4GB, sehingga bisa dibilang Komputer saya dalam keadaan stabil, normal. Namun apabila Memory yang saya gunakan mencapai angka 3,7 atau bahkan mencapai 4Gb otomatis komputer saya akan sangat lelet/lambat.

  • Komputer lambat karena banyaknya program yang terinstal

Ini biasa sering terjadi kepada para pengguna baru, yang tidak paham akan fungsi program aplikasi yang dia pasang maka setiap dia memiliki aplikasi apapun selalu di install. padahal ini bisa membuat komputer menjadi lambat, lelet.
Periksalah program apa saja yang terinstal di komputer anda dengan cara : Klik Home Windows atau/start pilih Control Panel Kemudian Pilih Uninstall, Lihat Gambar :

https://seaskystone.blogspot.com/2018/03/3-hal-sepele-ini-dapat-menyebabkan-komputer-lelet.html
Add caption

https://seaskystone.blogspot.com/2018/03/3-hal-sepele-ini-dapat-menyebabkan-komputer-lelet.html

Cara menghapus program aplikasi komputer windows
Add caption

Nah langkah terakhir adalah pilih salah satu aplikasi yang jarang digunakan atau yang tidak berguna kemudian klik uninstal.

Dipon ini sangat berkaitan sekali dengan poin no 2, semakin banyak program yang di instal maka semakin banyak juga program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Cara mematikan/menonaktifkan Startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, anda masuk ke ke "System Configuration Utility caranya ketik : msconfig di pencarian/Run, selanjutnya pada tab service dan startup lakukan uncheck kepada aplikasi, program yang tidak diperlukan. lihat gambar :

Itulah sedikit penjelasan 3 Hal Yang Sepele Ini Dapat Menyebabkan Komputer Anda Lambat dan Lelet. semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.


1 Response to "3 Hal Yang Sepele Ini Dapat Menyebabkan Komputer Anda Lambat dan Lelet"

  1. Info bermanfaat nih . Jngan lupa brkunjung ke http://www.iddgzn.com blog seputar komputer.pemrograman dan bloging

    BalasHapus

Kirim Pertanyaan Anda Tentang Artikel diatas