Tips Ampuh Mengatasi Layar Hitam (Black Screen) Pada Windows 7


Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7: Baiklah kali ini penulis akan mencoba membagikan sedikit pengetahuan dalam bentuk tutorial untuk Cara Mengatasi Layar Hitam Pada Windows 7.

Tips Ampuh Mengatasi Layar Hitam (Black Screen) Pada Windows 7
Black Screen
Pasti dari kalian semua masih bingung mengapa tampilan layar windows 7 kalian bisa menjadi blank (layar hitam), padahal pada setting Personalization leptop/pc sudah mencoba mengubah tampilan temanya, namun tetap saja tampilanya hitam, jika komputer/leptop shobat matikan lalu hidupkan kembali maka tampilanya akan kembali menjadi blank screen (layar hitam).

Nah masalah itu biasanya akan memberikan efek pada saat kamu coba membuka/menjalankan aktivitas kamu seperti biasanya pada saat kamu kembali menjalankan leptop seperti membuka aplikasi Ms office, mendengarkan lagu dan sebagianya itu tidak bisa di jalankan malah , padahal pada settingan Bios leptop/komputer sobat tidak ada masalah apa-apa malahan windows berubah mentok menjadadi blank screen, Nah jika shobat juga mengalami hal yang sama maka kamu tidak perlu khawatir, ini bukan masalah yang timbul dari kerusakan hardware atau komponen luar pada komputer sobat, melainkan softwarenya yang bermasalah.

Masalah ini dapat terjadi pada berbagai jenis merek Komputer/Leptop seperti Toshiba, Asus, Acer, dan sebagainya asal komputer/leptopt tersebut menggunakan windows 7, nah untuk itu bisa kamu coba cara mengatasinya yang saya bagikan kali ini. nah jika kamu ingin menggunakan cara cepat atau kamu tidak ingin ribet dalam permasalahan ini kamu bisa menginstal ulang leptop/komputer kamu maka pastinya masalah blank screen yang sebelumnya kamu alami kemungkinan bisa hilang di karenakan software yang bermasalah tadi akan uninstal ulang dan di ganti dengan software baru yang tidak mengalami masalah.

Namun jika sobat tidak memiliki waktu untuk melakukan hal di atas kamu bisa gunakan cara berikut ini, untuk Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7 .

Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7

Solusi 1: Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7 Menggunakan Safe Mode

Pertama-tama hal yang harus kamu lakukan untuk masuk ke sistem Safe Mode adalah menekan tombol
F8
secara terus menerus pada keyboard kamu, stelah itu silahkan kamu pilih safe mode jika sudah berhasil silahkan kamu masuk ke langkah berikut.

  1. Tekan tombol
    F2
    +
    Alt
    +
    Delate
    pada keyboard kamu lalu pilih windows task manager
  2. jika sudah terbuka selanjutnya kamu klik tab processes.
  3. Lalu silahkan kamu cari nama Explorer.exe lalu klik kanan mouse pilih end process untuk mengakhiri program tersebut.
  4. Nah lalu silahkan kamu klik New Task (Run)
  5. Masukan Explorer.exe pada tab terbuka, kemudian kamu klik Ok.
  6. Nah jika sudah selesai sekarang klik tombol star, pada kotak pencarian (Search Proggram End Files) ketikan Device manager lalu klik tombol
    Enter
    untuk membukanya.
  7. Setelah device manager terbuka lalu silahkan klik ganda pada display adapter, lali klik kanan pada driver yang baru saja terinstal.
  8. Langkah selanjutnya klik Update Driver Software.
  9. Nah pada langkah ini kamu akan di hadapkan dengan dua pilihan, silahkan kamu pilih yang pertama.

Solusi 2: Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7 Menggunakan System Restore (Pemulihan System)

Hal pertama yang bisa di lakukan adalah melakukan System Restore (Pemulihan System), di sini kamu harus memiliki instalasi windows 7 yang sudah di burning ke CD/DVD atau juga kamu sudah menyimpan software instalasi windows 7 pada leptop/komputer, atau juga bisa menggunakan sistem bootable flashdisk, Jika kamu belum tau cara membuat Bootable flashdis windows 7 kamu bisa search di google.
  1. Jika sudah silahkamu kamu lakukan Restar pada komputer/leptop kamu, tekan tombol
    F2
    untuk menampilkan bios jika sudah masuk lakukan pengubahan sistem media booting pertama misalnya kamu menggunakan flashdisk sebagai medianya maka langsung kamu ubah booting pertama (first Booting) sesuai dengan nama flashdisk yang kamu gunakan.
  2. Jika muncul pesan (Text) "Press Any Key bla-bla-bla" silahkan kamu klik tombol sembarang (apapun) pada keyboard kamu.
  3. Selnjutnya silahkan kamu sesuaikan tanggal dan bahasanya.
  4. Nah jika sudah silahkan klik pada system Restore.
  5. lalu pilih driver untuk lokasi penyimpanan instalasi windows, biasanya di simpan pada (driver C;\) lalu klik next.
  6. Pada area kotak System Recovery Options kamu pilih System Restore lalu klik next.


  7. Di sini kamu pilih Restore Point yang kamu inginkan, pilihlah opsis windows 7 yang kira-kira pada tanggalnya tersebut masih normal, lali klik next.


  8. Terakhir klik Finsh.

Solusi 3: Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7 Menggunakan Startup Repair

Nah untuk cara terakhir ini Langkah-langkahnya hamir mirip dengan langkah dari solusi 2, hanya saja di sini kita menggunakan sistem Startup Repair.
  1. Sama seperti langkah solusi 2, silahkan kamu masukan DVD/Flashdisk.
  2. Nah ketika muncul pesan (text) "Press Any Key bla-bla-bla" silahkan kamu klik tombol sembarang untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  3. Selanjutnya kamu atur sesuai Bahasa dan Tanggal, lalu klik next.
  4. Klik untuk Repair Your Computer
  5. Silahkan pilih driver tempat kamu menyimpan driver untuk menginstal windows, lalu klik next.
  6. Klik Startup Repair lalu klik next, lalu silahkan tunggu hingga proses selesai.

Nah silahkan kamu coba 3 Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) Windows 7 di atas Satu-persatu, dan semoga bisa membantu untuk mengatasi masalah yang terjadi pada leptop/komputer kamu.
Mungkin sampe di sini dulu tutorial saya kali ini melihat hari sudah semakin larut malam, dan jika ada kekurangan kata yang saya terapkan pada artikel ini saya mohon maaf.

Sumber : http://www.iddzgn.com/2017/04/cara-mengatasi-blank-screen-layar-hitam-windows-7.html

0 Pertanyaan Tentang "Tips Ampuh Mengatasi Layar Hitam (Black Screen) Pada Windows 7"

Posting Komentar

Kirim Pertanyaan Anda Tentang Artikel diatas

AdBlock

close